Minggu, 31 Januari 2010

Petunjuk Islam tentang Angin

Sekarang lagi musim hujan dan angin kencang , Allah SWT menciptakan angin atau mendatangkannya dan menurunkan hujan tentu ada maksud bagi hamba-hambaNya. Dengan angin atau hujan Allah akan mengetahui siapa diantara mereka itu yang beriman sebenarnya dan siapa diantara hambaNya yang pendusta dalam keimananan terhadapNya.
Allah berfirman dalam Surat Al Ankabut : 1-3 yakni :
الـمّ ( 1 ) أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُّتْرَكُوْا أَنْ يَقُوْلُوْآ آمَنَّا وَهُمْ لاَ يُفْتَنُوْنَ ( 2 ) وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللهُ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِيْنَ ( 3 )
“ Alif laam miim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?. dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. “ ( QS. Al Ankabut : 1-3 )
Datangnya angin merupakan bukti atas kekuatan Allah Yang Maha Dahsyat. Dimana-mana kita saksikan berita akan kehebatan makhluq Allah yang satu ini yaitu Angin. Di dalam Al Quran Allah memberikan petunjuk tentang angin ini, yaitu dalam surat Ar Ruum : 46.
Yang artinya, “Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya. Mudah-mudahan kamu bersyukur” (QS ar Rum: 46).
dan Al Baqarah ayat 164
Yang artinya, “Dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. al Baqarah: 164).
Bagi kalangan orang-orang yang berakal adanya angin tentu bukan hal yang sia-sia. Dalam ilmu sains saja kita tahu betapa banyak manfaat akan adanya angin ini , mulai dari terbantunya proses penyerbukan, sampai dengan bergeraknya awan yang membawa air hujan untuk kemudian dikirim menuju suatu daerah yang dikehendaki oleh Allah SWT. Maha Suci Allah dari tuduhan akan kekurangan dan kelemahan dalam penciptaannya. Itulah hal positif yang bisa kita ambil dengan adanya angin. Yang mana dengan senantiasa memikirkan ayat-ayat Allah disekitar kita, maka akan menjadikan kita semakin paham dan yakin akan ke-Esaan Allah dalam penciptaan seluruh Makhluq-Nya. Selanjutnya akan mendorong seorang hamba mendekat dan dan menghamba kepadaNya saja. Subhanallah .
Disisi lain, angin juga dapat membinasakan manusia, tetumbuhan dan hewan. Manusia dibinasakan akibat perbuatan dhalim yang mereka lakukan. Dalam al Qur’an surat Adz Dzariat : 41 -42, Allah menyebutkan kisah kaum ‘Aad ( kaumnya nabi Hud ‘alaihissalam ). Dalam kandungan ayat ini Allah membinasakan kaum’Aad tanpa ada yang tersisa satupun dari penduduknya. Hal itu disebabkan karena mereka ( kaum ‘Aad ) mendurhakai nabi Huud - ‘alaihissalaam- yang Allah mengutusnya kepada mereka, malahan justru lebih mentaati dan mematuhi seluruh perintah para pembesar kaum itu.
Berikutnya dijelaskan dalam surat Al Ahqaf : 24-25 yang artinya : “Maka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka, “Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami”. (Bukan!) bahkan Itulah azab yang kamu minta supaya datang dengan segera (yaitu) angin yang mengandung azab yang pedih, yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya. Maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah Kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa “.
Oleh karena itulah diantara do'a yang di perintahkan untuk dipanjatkan adalah sebagai berikut :
اللهم إني أسألك خيرها ، وخير ما فيها ، وخير ما أُرسلت به ، وأعوذ بك من شرها وشر ما فيها وشر ما أرسلت به
artinya ; ya Allah, aku memohon kepadaMu baiknya angin, dan apa - apa yang dibawa olehnya, dan aku memohon kebaikan pada apa yang angin diutus bersamanya ( berupa rasa segar diterpa angin, proses penyerbukan menjadi lebih cepat dll ). dan aku berlindung kepadaMu atas kejelekan angin dan apa yang dibawanya, dan aku berlindung kepadaMu dari kejelekan apa-apa yang diutus bersamanya. ( Riwayat Ashabussunan kecuali an Nasa'i )

1 komentar:

MASDAR mengatakan...

subhanalloh, sungguh sangat terbukti bahwa Alloh itu Maha kuasa atas segala sesuatu